Home News 4 Tips Jaga Kesehatan Agar Tak Gampang Sakit Selama WFH

4 Tips Jaga Kesehatan Agar Tak Gampang Sakit Selama WFH

by Redaksi

Metadeskripsi: Pandemi COVID-19 mengharuskanmu kerja dari rumah? Yuk, terapkan pola hidup sehat berikut agar tak gampang sakit selama WFH.

Perubahan pola kerja dari work from office ke work from homesejak pandemi COVID-19 memang jadi PR bagi banyak orang. Selain jam kerja yang justru makin tidak terkontrol, beban tambahan seperti pekerjaan domestik dan kewajiban menemani anak school from home adalah pemicu stres lainnya.

Pikiran yang stres akan berdampak pada melemahnya sistem imunmu, lho. Akhirnya tubuh pun jadi gampang sakit. Sakit tentu akan membuat semua agenda hidup dan pekerjaanmu berantakan. Tidak mau hal ini terjadi padamu, kan? Berikut beberapa panduan pola hidup sehat yang bisa diterapkan selama WFH.

  1. Usahakan Tetap Olahraga

Dialymail.co.uk

Olahraga punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Selain memperkuat antibodi dan meningkatkan imunitas tubuh, kegiatan yang satu ini juga efektif untuk menghambat stres, lho.

Jadi, luangkan waktu barang 30 menit untuk berolahraga selama WFH. Tak perlu yang berat-berat, kegiatan ringan seperti jalan santai, jogging, atau bersepeda juga bagus manfaatnya asal rutin.

2. Jaga Pola Makan

Cancercenter.com

Rasa bosan akibat pandemi sadar tidak sadar telah menimbulkan stres. Tidak sedikit orang yang melampiaskannya dengan makan terus-menerus tanpa memperhatikan nutrisinya. Apakah kamu juga salah satu dari mereka?

Terlalu banyak makan (apalagi junkfood) bisa berdampak kurang baik bagi kesehatanmu, lho. Mulai sekarang atur kembali pola makanmu. Kurangi konsumsi kafeina dan perbanyak makan sayur dan buah-buahan agar tubuh tetap sehat.

3. Atur Jam Kerja

Gizmology.com

Diakui atau tidak, work from home menyebabkan ritme kerjamu berantakan. Jam kerja yang biasanya hanya sampai pukul 5 sore pun bisa molor hingga tengah malam. Akibatnya, kesehatan pun terganggu.

Solusinya adalah mengatur jam kerja secara jelas. Misal, jika kamu membuat peraturan kerja dari pukul 9 pagi sampai 4 sore, berusahalah mematuhinya sebaik mungkin dan jangan gunakan waktu tersebut untuk mengerjakan hal lainnya.

 

4. Istirahat Cukup

Everydaypower.com

 

Kerja dari rumah bukan berarti kamu tidak butuh istirahat. Tubuh dan pikiran tetap perlu diistirahatkan agar tetap fresh dan bisa berfungsi secara maksimal. Di sela-sela jam kerja, sempatkan untuk tidur siang setidaknya 30 menit.

Usahakan juga untuk tidur malam tidak melebihi pukul 10. Hindari begadang dan jangan lembur agar esok hari kamu tetap segar, semangat, dan produktif dalam bekerja.

 

Menjaga kesehatan fisik dan psikis (well-being) selama WFH bisa dilakukan lewat cara-cara sederhana di atas. Ingat, menjaga kesehatan diri dan keluarga adalah kunci terciptanya kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

related posts

Leave a Comment