Home News 5 Olahraga yang Cocok untuk Anak 6-12 Tahun

5 Olahraga yang Cocok untuk Anak 6-12 Tahun

by Redaksi

Metadeskripsi: Selain renang, bela diri dan bulutangkis juga merupakan cabang olahraga yang sering diajarkan kepada anak usia 6 sampai 12 tahun. 

 

Stimulasi kecerdasan si kecil bisa dilakukan dengan berbagai cara; salah satunya dengan mengajak mereka berolahraga secara rutin. Aktivitas fisik akan mendukung perkembangan otak anak, menjauhkannya dari stres, dan meningkatkan self-esteem-nya.

Namun, tidak semua olahragabisa dikenalkan kepada anak-anak. Berikut daftar olahraga yang cocok sekaligus seru untuk anak usia 6-12 tahun.

  1. Renang

Chicagoparents.com

Renang tidak cuma menyenangkan. Olahraga ini juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental anak-anak. Selain membentuk postur tubuh ideal dan menjaga kesehatan jantung serta paru, renang dapat membentuk kepercayaan diri anak.

Olahraga ini bahkan bisa dilakukan semua golongan usia, lho. Tidak heran kalau renang diminati banyak orang. Jika Andamencari aktivitas fisik yang seru, renang bisa jadi pilihan pertama.

 

2. Senam Kesehatan

Chatterblock.com

Senam kesehatan juga bisa jadi referensi olahraga ringan dan seru untuk anak 6-12 tahun. Gerakan senam terbukti mampu melatih kemampuan motorik, menjaga keseimbangan tubuh, dan mengasah daya ingat (memori) anak.

Itulah mengapa olahraga ini sering disertakan di kurikulum pendidikan di sekolah-sekolah. Anda juga bisa mencobanya di rumah bersama si kecil sembari mengisi waktu luang. Irama musik yang semarak pasti akan membuat anak-anak senang.

3. Sepak Bola

Wikipedia.org

Sepak bola merupakan satu dari beberapa cabang olahraga seru yang cocok untuk anak usia 6-12 tahun. Saat bermain sepak bola, seluruh anggota tubuh aktif bergerak yang berdampak positif pada peningkatan kesehatan fisik dan mental anak.

Oh ya, cabang olahraga ini bisa jadi cara cerdas untuk melatih kemampuan bersosialisasi dan kerja sama si kecil, lho. Bermain dengan lawan juga akan mengajari anak berbesar hati dalam menerima kekalahan.

 

4. Bela Diri

Medium.com

Eits, bela diri bukan berarti mengajarkan kekerasan pada anak, ya. Cabang olahraga ini justru bisa jadi pilihan yang bagus untuk si kecil. Bahkan sudah banyak, lho, atlet bela diri berprestasi yang usianya masih cukup muda.

Bukan hanya manfaat fisik, bela diri juga berkontribusi besar terhadap perkembangan mental anak. Melatih keberanian, meningkatkan kedisiplinan diri, memperbaiki fokus, serta sarana melepaskan emosi negatif adalah beberapa manfaat yang bisa didapat dari bela diri.

 

5. Bulu Tangkis

Happymom.in.th

Di Indonesia ada banyak klub bulu tangkis yang dibuka untuk anak mulai usia 4 tahun. Ya, olahraga ini memang menawarkan banyak manfaat untuk mendukung perkembangan fisik, mental, sekaligus sosial si kecil.

Bulu tangkis dapat menjauhkan anak dari risiko penyakit jantung dan stroke. Olahraga ini juga akan memicu produksi endorfin yang bermanfaat mengurangi stres, memperbaiki mood, dan meningkatkan kualitas tidur anak.

 

Itulah beberapa cabang olahraga yang seru dan cocok untuk anak usia 6-12 tahun. Jangan lupa tetap dampingi mereka selama latihan, ya, dan awali dengan gerakan pemanasan untuk menghindari risiko cedera.

related posts

Leave a Comment