Home News Memilih Transportasi yang Tepat untuk Pengiriman Logistik Antarpulau

Memilih Transportasi yang Tepat untuk Pengiriman Logistik Antarpulau

by Redaksi

Metadeskripsi: Cek hal penting apa saja yang mesti diperhatikan sebelum memilih transportasi untuk mengirim logistikantarpulau.

 

Bisnis online dan pengiriman logistik adalah dua hal yang tak terpisahkan. Penjual membutuhkan jasa logistik untuk mengirim barang dagangannya dengan aman—tidak cuma ke luar pulau, tetapi juga luar negeri. Selain itu, jasa logistik diperlukan untuk membantu kita saat pindahan rumah, toko, maupun kantor.

Ada beberapa sarana transportasi yang umum digunakan dalam pengiriman logistik, mulai dari trucking darat sampai kargo laut (kapal) dan udara (pesawat). Masing-masing pun punya tarif dan jenis layanan yang berbeda.

Lalu, hal-hal apa saja sih yang perlu diperhatikan dalam memilih transportasi untuk mengirim logistik antarpulau?

  1. Jenis Barang yang Akan Dikirim

Pival.com

Jenis logistik yang akan dikirim menentukan tipe transportasi logistik yang akan Anda gunakan, lho. Cek dulu apakah barang yang akan dikirim tergolong bahan kimia yang butuh penanganan ekstra? Apakah barang mudah busuk atau rusak dalam waktu tertentu seperti daging, susu, telur, dan semacamnya?

Pengelompokan ini akan mempermudah Anda dalam memilih moda transportasi yang paling sesuai. Misalnya, Anda akan mengirim daging segar yang harus secepatnya sampai ke tangan konsumen di lain pulau, maka pengiriman via udara adalah pilihan yang paling tepat.

2. Jumlah Barang

Industrytoday.com

Hal kedua yang perlu dipertimbangkan adalah jumlah atau volume barang yang akan dikirim. Ini juga berkaitan dengan cara pengepakannya untuk memastikan barang tetap aman dan utuh sampai ke tangan penerima.

Jika Anda mengirim barang dalam jumlah kecil, transportasi logistik seperti trucking sudah cukup tepat. Sebaliknya, jika volume barang cukup besar, bahkan sampai berton-ton misalnya, pengiriman via kargo kapal atau pesawat bisa menjadi pilihan.

3. Tujuan Pengiriman

Itelligencegroup.com

Anda juga perlu mempertimbangkan tujuan pengiriman barang sebelum memilih moda transportasi logistik. Untuk pengiriman antarkota, jasa trucking barangkali sudah cukup. Namun, khusus pengiriman antarpulau dengan estimasi waktu yang singkat, transportasi logistik lewat udara atau laut tentu akan lebih efisien.

4. Biaya

Studying-in-germany.org

Biaya pengiriman ini pastinya ditentukan oleh tujuan pengiriman, berat, serta jenis logistik yang dikirimkan. Makin banyak barang yang dikirim dan makin jauh jarak yang ditempuh, tentu makin tinggi biaya yang harus Anda keluarkan.

Tipe pengiriman reguler atau kilat juga memengaruhi biaya logistik, lho. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan bujet.

 

Nah, itu dia beberapa pertimbangan dalam memilih jasa angkut logistik antarpulau. Apa pun moda transportasi yang dipilih, selalu pastikan bahwa barang-barang yang Anda kirimkan tetap aman hingga di tujuan.

related posts

Leave a Comment